Kapal Yang Lebih Besar Dari Kapal TITANIC

1.       Pierre Guillaumat


Kapal terbesar yang dibaut dengan 4 supertanker kelas Batillus ciptaan Prancis pada akhir 70an. Bobot mati dari kapal ini adalah 555.000 ton dan memiliki panjang 414 meter. Kapal ini di luncurkan dari galangan kapal chantiers de l’Atlantique di Saint Nazaire.



1.       Knock Nevis/Jahre Viking

 Satu-satunya kapal yang lebih besar adalah “Knock Nevis”;ex “Jahre viking”;ex “Seawise Giant”; ex “porthos” , di tahun 1981. Akan tetapi supertanker dari kelas batillus mempunyai tonase kotor  yang lebih besar di banding yang lain, sehingga bisa di anggap lebih besar dari Knock Nevis.Dan itulah raja dari segala supertanker, dan mungkin jika diliahat dari dimensinya merupakan kapal terbesar yang pernah di buat. Yang jelas untuk yang masih beroprasi kapal inilah yang terbesar. Dalam perjalanan karirnya Knock Nevis dan TT.Jahre Viking adalah kapal terbesar yang pernah di buat. Ini adalah supertanker dengan kelas ULCC, kapal ini berukuran panjang 485meter, di ibaratkan jika kapal ini diposisikan berdiri maka lebih tinggi dari dari Petronas Twin Tower. Jahre viking memiliki syarat muatan penuh kedalaman 25 meter. Dengan ukuran yang besar ini maka kapal ini tidak bisa melewati terusan Panama  maupun Terusan Suez bahkan selat Inggrispun tidak bisa di lewati. Kapal ini mampu mengangkut sekitar 650.000m³ minyak mentah dalam satu kali berlayar.



1.       Cargo ship Emma Maersk
Salah satu container ship terbesar di dunia yang dimiliki oleh perusahaan pemiik container ship terbesar yaitu MAERSK-Group. Kapa ini mampu memuat hampir 11.000 TEU’s atau tidak kurang dari 1400 container , dengan asumsi berat percontainer 14ton.kapal ini di buat oleh Odense Steel Shipyard Denmark pada tahun 2006.


1.       Cruise Ship Queen Mary II

Kapal termewah dan terbesar yang beroprasi untuk saat ini adalah Quenn Mary 2. Yang beroprasi di bawah bendera Cunard Line, yang merupakan pemilik kapal terbesar sebelumnya yaitu The Quenn Mary. Quenn Mary 2 ter-registrasi di Suthampton, United Kingdom. Pembuatan kapal ini menelan biaya 900juta US dolar yang ditangani oleh arsitek handal Stephen Payne.


1.       Berge Stahl

Kapal ini terdaftar di Stavanger, Norwegia. Dan sebelumnya pernah terdaftar di Monrovia, Liberia. Kapal ini dibangun pada tahun 1986 oleh Hyunday Heavy Industries. Kapal ini sekarang dimiliki perusahaan BW Broup. Karena ukuran yang sangat besar kapal ini hanya bisa meerapat penuh di dua pelabuhan yaitu terminal Maritimo de Ponta di Brazil Europoort dekat Rotterdam di belanda.


1.       Carrier, USS Enterprise

Dari sekian banyak armada perang US Navy yang terbesar adalah kapal induk dari kelas Nimitz. Kapa ini memiiki panjang 340meter dengan kru kapal 5700 orang, dan  dilengakapi masing-masing 2reaktor nuklir buatan Westinghouse. Mesin turbinnya menghasilkan 260.000 tenaga kuda dengan kecepatan 30+ knots. Dengan reaktor nuklir kapal ini tidak perlu mengisi pertamax seama 20 tahun, dengan logistik memungkinkan mampu berlayar mengeliingi dunia nonstop tanpa perlu berhenti di pelabuhan untuk mengisi ulang logistik.


1.       Oasis of The Seas

Kapal pesiar terbesar ini di operasikan Royal Caribbean International dengan berat totak 225.282 ton dan panjang 360meter. Kapal ini dubuat pada tahun 2006 dengan  dengan biaya sekitar 1,4 Miliyar Us dollar. Kapal ini merupakan kapal termewah yang pernah di bangun di dunia, dengan kemewahannya bisa di juluki kapal titanic di zaman ini.



Ilustrasi

0 Komentar untuk "Kapal Yang Lebih Besar Dari Kapal TITANIC"

 
Copyright © 2014 idam blogs - All Rights Reserved
.